Definisi
MYOB Accounting
MYOB singkatan dari Mind Your Own Business. Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi terpadu yang memadukan beberapa
modul dengan fasilitas lengkap, fleksibel & mudah digunakan sehingga
menghasilkan laporan keuangan dengan cepat & akurat. MYOB Accounting memfokuskan
pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa
juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah
kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya
perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai
program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
Selain memudahkan dalam membuat laporan keuangan Myob juga menjamin proteksi
file data sehingga tidak mudah diubah orang lain.
Keunggulan MYOB Accounting
dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya :
Mudah digunakan (user friendly),
Mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyaipengetahuan yang mendalam
tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat
diterapkan pada berbagai jenis usaha.
Pembuatan laporan keuangan secara
otomatis, lengkap dan akurat, Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan
dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo, neraca, laporan rugi laba,
laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal
transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi
Keuangan.
Kemampuan menampilkan data secara
cepat dan mudah, Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara
cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer.
Laporan keuangan komparasi,
Menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan
dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.
Cara Menginstall Software MYOB
Accounting
1. Masukkan CD
master MYOB ke dalam CD ROM pada PC anda
2. Pilih MYOB
Accounting dan klik Install
3. Pilih
International
4. Klik Next,
pilih Indonesia
5. Klik Accept
6. Pilih Typical,
lalu klik Next
7. Jika sudah selesai, klik Finish dan muncul MYOB
help online.
Langkah-langkah
Mengoperasikan MYOB
Untuk mengoperasikan MYOB adabebrapa cara diantaranya yaitu
- Double klik pada icon MYOB AccountRight v 19 yang ada pada dekstop.
- Klik Start lalu all program dan klik MYOB AccountRight v 19.
Setelah
dibuka akan muncul kotak dialog dengan beberapa menu yakni Open,
create, explore,what's news, dan exit.
Keterangan :
- Open digunakan untuk membuka atau mengaktifkan salah satu data/file akuntansi yang telah ada.
- Create digunakan untuk membuat file data akuntansi yang baru.
- Explore digunakan untuk membuka contoh data akuntansi sehingga anda dapat belajar dengan panduan yang lengkap termasuk pencatatan transaksi dan laporan keuangan.
- What’s New digunakan untuk mendapatkan penjelasan atau berbagai informasi dan tambahan fasilitas-fasilitas dibandingakan dengan versi sebelumnya.
- Exit digunakan untuk keluar dari program MYOB AccountRight v 19.
- Kelompok Akun
Pencatatan nomor akun dalam MYOB dikelompokkan berdasarkan pada
golongan akun berikut:
- Asset (Harta/Aktiva) diawali dengan nomor akun 1
Misalnya : Kas, piutang usaha, persediaan, perlengkapan, peralatan,
tanah dan lain-lain
- Liability (Kewajiban/Hutang) diawali dengan nomor akun 2
Misalnya : Hutangusaha, hutang gaji
- Equity (Modal/Ekuitas) diawali dengan nomor akun 3
Misalnya : Modal usaha, laba ditahan, prive, dan lain-lain
- Income (Pendapatan/Penjualan) diawali dengan nomor akun 4
Misalnya : Penjualan, potongan penjualan, retur penjualan, biaya
angkut penjualan, pendapatan jasa
- Cost of sales (HPP) diawali dengan nomor akun 5
Misalnya : Pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, biaya
angkut pembelian.
(Untuk
perusahaan jasa account Cost of Sales tidak digunakan)
- Expense (Biaya/Beban) diawali dengan nomor akun 6
Misalnya : Biaya
gaji karyawan, biaya listrik dan telepon, biaya akumulasi
penyusutan, biaya sewa, dan lain-lain
- Other Income (Pendapatan lain) diawali dengan nomor akun 8
Misalnya : Pendapatan bunga
- Other Expense (Biaya Lain) diawali dengan nomor akun 9
Misalnya : Biaya bunga
- Tipe Akun
Dalam program MYOB AccountRight v 19 dikelompokkan menjadi dua
tipe yaitu:
- Header
Header adalah tipe akun yang masih memiliki subrekening lagi, dimana
rekening ini menampung saldo dari subrekening dan rekening ini tidak
dapat menampung transaksi (jurnal).
- Detail
Detai adalah tipe akun yang tidak dapat dibagi lagi menjadi
subrekening, saldo rekening ini akan masuk ke rekening header dan
rekening ini dapat menampung transaksi (jurnal).
Linked account merupakan hubungan otomatis antara satu akun dengan
akun yang lain. MYOB membuat linked account menjadi 4 (empat)
kelompok yang memiliki fungsinya masing-masing. Cara untuk mengedit
linked account dapat dilakukan dari menu Setup, pilih Linked Account
nanti pada menu tersebut terdiri dari 4 sub menu yaitu account and
banking account, sales account, purchases account, dan payroll
account.
- Account and Banking Account yaitu:
- Equity account for historical balancing : diisi sesuai dengan nomor penyeimbang yang berada di kelompok equity.
- Bank Account for electronic payment : diisi untuk akun pembayaran elektronik.
- Bank Account for undeposited funds : diisi untuk akan penerimaan sementara.
- Sales Account yaitu:
- Asset account for tracking receivables : diisi sesuai dengan akun piutang usaha (kelompok asset).
- Bank account for customer receipts : diisi sesuai dengan akun bank penerima uang/dana dari customer.
- I charge freight on sales : diisi sesuai dengan akun pendapatan angkut barang (kelompok income), jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I track deposits collected from customers : diisi sesuai dengan akun penerimaan uang muka dari pelanggan (kelompok liability), jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I give discount for early payment : diisi sesuai dengan akun potongan penjualan (kelompok income), jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I assess charges for late payment : diisi sesuai dengan akun pendapatan denda, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- Purchases Account yaitu:
- Liability account for tracking payables : diisi sesuai dengan akun hutang dagang, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- Bank account for paying bills : diisi sesuai dengan akun bank yang digunakan untuk membayar pelunasan hutang kepada suppliers, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I pay freight on purchases : diisi sesuai dengan akun biaya angkut pembelian, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I track deposits paid to suppliers : diisi sesuai dengan akun untuk pengeluaran uang muka ke pemasok/suppliers, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I take discount for early payment : diisi sesuai dengan akun potongan pembelian, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- I pay charges for late payment : diisi sesuai dengan biaya denda terlambat bayar utang, jika tidak ada kosongkan cek mark.
- Payroll Account yaitu:
- Bank account for cash payment : diisi sesuai dengan akun Bank untuk pembayaran secara tunai.
- Bank account for cheque payment : diisi sesuai dengan akun Bank untuk pembayaran melalui check.
- Bank Account for electronic payment : diisi sesuai dengan akun untuk pembayaran elektronik.
- Default employer expense account : diisi sesuai dengan akun gaji pimpinan yang tidak termasuk didalam pembayar cek kepada pegawai (kelompok expense).
- Default wages expense account : diisi sesuai dengan akun gaji dan upah (kelompok expense).
- Default tax/deductions payable account : diisi sesuai dengan akun pengurangan utang gaji (kelompok liability).
- Mengentri Transaksi Ke Program MYOB
- Pembelian secara Kredit
- Klik Menu Purchases lalu pilih Enter purchases
- Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
- Pilih supplier dengan mengklik tanda panah pada supplier lalu klik use supplier
- Isi termin sesuai dengan transaksi lalu klik OK
- Isi tanggal transaksi
- Isi pembelian sesuai dengan bukti transaksi
- Klik Record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Pembelian secara Tunai
- Klik Menu Purchases lalu pilih Enter purchases
- Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
- Pilih supplier dengan mengklik tanda panah pada supplier lalu klik use supplier
- Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
- Isi tanggal transaksi
- Isi pembelian sesuai dengan bukti transaksi
- Isi kolom paid today sejumlah total amount
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Penjualan secara Kredit
- Klik menu Sales lalu pilih Enter sales
- Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
- Pilih customer dengan mengeklik tanda panah pada customer lalu klik use customer
- Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
- Isi tanggal transaksi
- Klik Tab untuk berpindah ke kolom. Untuk mengisi item number ambil dari list yang tersedia kemudian klik use item
- Isi penjualan sesuai dengan bukti transaksi
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Penjualan secara Tunai
- Klik menu Sales lalu pilih Enter Sales
- Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
- Pilih customer dengan mengeklik tanda panah pada customer lalu klik use customer
- Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
- Isi tanggal transaksi
- Klik Tab untuk berpindah ke kolom. Untuk mengisi item number ambil dari list yang tersedia kemudian klik use item
- Isi penjualan sesuai dengan bukti transaksi
- Isi kolom paid today sejumlah total amount
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Receive Payment
Digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas dari pelunasan
piutang.
- Klik menu Sales pilih Receive payment
- Klik customer untuk memilih nama pelanggan lalu klik use customer.
- Isi tanggal transaksi
- Isi data penerimaan kas sesuai bukti transaksi, dan juga dilihat apakah mendapatkan potongan atau tidak
- Isi amount received sejumlah yang diterima, gunakan tab untuk berpindah ke kolom, hingga terisi kolom amount applied
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Receive Money
Digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas melalui Banking,
selain dari pelunasan piutang.
- Klik Banking pilih receive money
- Pastikan pay from account terisi dengan akun yang diinginkan
- Isi tanggal transaksi
- Isi amount sejumlah yang diterima
- Isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi
- Klik recordKlik Journal untuk melihat jurnal
- Pay Bills
Digunakan untuk mencatat transaksi pelunasan hutang dagang
- Klik Purchases pilih Pay bills
- Klik supplier untuk memilih nama supplier lalu klik use supplier
- Isi tanggal transaksi
- Gunakan Tab untuk berpindah kolom hingga amount applied terisi dan terisi amount sejumlah yang akan dibayar sesuai dengan faktur
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
- Banking-Spendy Money
Digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran kas selain pembayaran
hutang
- Klik Banking pilih Spendy money
- Pastikan pay from account terisi dengan akun yang diinginkan
- Isi tanggal transaksi
- Isi amount sejumlah yang dibayar
- Isi jurnal pengeluaran sesuai dengan bukti transaksi
- Klik record
- Klik
Journal untuk melihat jurnal
Retur Pembelian
- Klik Purchases pilih Purchases Register
- Pilih Returns & Debits lalu klik New PurchaseKlik tanda panah pada Supplier untuk memilih pemasok lalu klik use supplier
- Isi tanggal transaksi
- Isi jurnal sesuai bukti transaksi dan untuk kolok ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumlah barang yang akan diretur.
- Isi item number dari list yang tersedia kemudian klik use item, klik Tab untuk berpindah ke kolom. Dan hingga amount applied terisi
- Klik record
- Klik Journal untuk melihat jurnal
Retur
Penjualan
- Klik Sales pilih Sales Register
- Pilih Returns & Credits lalu klik New Sale
- Klik tanda panah pada Customer untuk memilih pelanggan lalu klik use customer
- Isi tanggal transaksi
- Isi jurnal sesuai bukti transaksi dan untuk kolok ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumlah barang yang akan diretur.
- Isi item number dari list yang tersedia kemudian klik use item, klik Tab untuk berpindah ke kolom. Dan hingga amount applied terisi
- Klik record
- Klik
Journal untuk melihat jurnal
Transaksi Memorial (penyesuaian)
- Klik Accounts lalu pilih Record journal entry
- Isi tanggal transaksi lalu isi memo
- Isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi
- Klik Reocord
- Klik Journal untuk melihat jurnal
SIKLUS
AKUNTANSI DENGAN MYOB
ACCOUNTING VERSI 19
Mind Your Own Business (MYOB) merupakan salah satu aplikasi komputer akuntansi yang
digunakan dalam mengolah data
akuntansi. Untuk memulai
MYOB, lakukan doubleclick pada icon MYOB Accounting V19. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu satuan mata uang dan format tanggal. Untuk materi pelatihan
hari ini kita
akan menyesaikan siklus akuntansi
dari perusahaan
Glory
Furniture.
Mrs. Keynia adalah pemilik perusahaan “Glory
Furniture”, sebagai furniture dealer, Mrs. Keynia
membeli dan menjual furniture
ke
pelanggan.
Satuan
mata uang yang
digunakan
dalam pelaporan keuangannya menggunakan satuan mata uang
US $ dan menyiapkan laporan keuangan untuk periode 1 Januari
sampai dengan
31 Desember 2013.
Bagian I:
menyiapkan data baru
a. Cara membuat data baru:
- Klik
create a new company file lalu
klik next
- Isilah di company information:
Company name:
Glory Furniture
Address: Jl.
Gadjah Mada Blok A-III No. 20 Kav 3-4 Batam
Telp: 0778-456463
Fax: 0778-456465
Email: info@glory.com
- Klik next, mengisi accounting information:
Current financial year (tahun buku):
2013
Last month of financial year
(bulan tutup
buku): December
Conversion month (awal bulan
buku): January
Number of accounting period (jumlah bulan
dalam setahun ditambah penyesuaian): 13
Kemudian klik next
- Cek kembali
accounting information
apabila sudah sesuai klik next, masuk ke menu account list pilih opsi yang “I would like to start with one of the list provided by
MYOB Accounting” kemudian
klik
next
- Pilihlah
di menu
account list:
Industry classification:
retail
Type of business: furniture dealer, kemudian
klik
next
- Ubahlah folder tempat
penyimpanan
data
dengan cara klik “change” setelah itu klik
next
- Pilih menu Command
Centre
- Dari menu
bar, pilih setup – preferences:
System preferences: tick opsi “Warn if Job Are Not Assigned to All Transaction [system
wide]
Windows preferences: untick opsi “Automatically Check Spelling in Text Field Before
Recording Transaction”
Sales preferences:
tick opsi “Warn for Duplicate Invoices Numbers
on Recorded Sales”
Purchases
preferences: tick opsi “Warn
for
Purchase
Orders
Numbers on Recorded
Purchases”
Security preferences: klik
user IDs dan masukkan nama anda
b.
Membuat, mengedit,
dan
men-delete daftar akun/rekening
- Klik
menu account, klik account list
- Untuk menghapus akun, double
click pada akun yang akan dihapus lalu klik kanan dan
pilih delete
- Untuk mengedit akun, double
click pada akun yang akan
diedit lalu edit/ubah akun
- Untuk menambah akun, klik
new lalu tambahkan akun yang akan
dibuat
- Akun yang dhapus
antara lain:
1-2120 Payroll Cheque Account
1-2130 Cash Drawer
1-2210 Less Prov’n for Doubtful Debt
- Akun yang diubah antara lain:
1-2140 Petty Cash menjadi 1-2120
1-2160 Undeposited Funds menjadi
1-2130
Undeposited Cheque
4-1100 Installment
Sales
menjadi 4-1100 Sales
- Akun yang ditambah adalah
Account #
|
2-2340
|
5-4000
|
Account
|
GST Clearing
|
Cost of Goods Sold
|
Type
|
Other Liability
|
Cost of Sales
|
Header/Detail
|
Detail
|
Detail
|
Level
|
4
|
2
|
c. Membuat
link untuk pajak
- Sebelum melakukan editing link pajak, terlebih dahulu lakukan penghapusan seluruh
jenis pajak yang disediakan system. Caranya dengan klik menu list – tax code, pilih setiap code, klik edit pada menu tax code information,
klik kanan lalu pilih delete tax
code.
- Tambahkan tax code GST (Goods & Services Tax), tax type Goods & Services Tax, rate
10%
- Ada kode pajak yang tidak dapat dihapus
karena digunakan pada linked account. Oleh
karena itu perlu
dilakukan perubahan dengan cara klik setup – linked account – sales
link account dan purchase link account.
Caranya klik terms pada
menu sales linked accounts, ubah tax code dengan
N-T,
klik ok. Lakukan
hal yang
sama pada
purchase
linked
account.
d. Membuat job lists
dan category
- Cara membuat job
lists yakni klik
menu bar lists, klik jobs, klik new
- Isilah:
Job
number: DF
Job name:
Dining Room Furniture
Job number: LF
Job name: Livingroom Furniture
Job number: SV
Job name:
Services
- Cara membuat category yakni klik
menu
bar lists, klik categories, klik new
- Isilah:
Category ID: BT Category name: Batam
Category ID: MD Category name: Medan
e. Membuat
neraca saldo
- Klik
setup – balances – account opening balances
- Isilah pada kolom opening
balances sesuai dengan
nomor,
nama,
dan
posisi
saldo masing-masing,
perhatikan posisi saldo debit dan kredit
Glory Furniture
Trial Balance
As
of January 2013 (in $)
Description
|
Debit
|
Credit
|
Cheque Account
|
85,000
|
|
Petty Cash
|
950
|
|
Trade Debtor
|
5,500
|
|
Merchandise Inventory
|
40,313
|
|
Office Equipment at
Cost
|
2,400
|
|
Office Equip
Accum Dep
|
|
150
|
Trade Creditors
|
|
4,400
|
GST Collected
|
|
500
|
GST Paid
|
400
|
|
Owner/Shareholder Equity
|
|
100,000
|
Retained Earnings
|
|
29,513
|
- Pastikan setelah selesai menginput saldo awal, nilai amount left to be allocated menjadi
0.
Bagian II: menyiapkan kartu
persediaan, pelanggan, pemasok
a. Membuat
kartu/data persediaan
barang dagangan (item
lists)
- Klik
command centers inventory – item
list
- Klik
new untuk mencatat persediaan
barang dagangan yang baru
Item No.
|
BV
|
EC
|
MC
|
NF
|
Description
|
Bravado
|
Everest
|
Monticristo
|
Northfield
|
Selling Price
|
$700
|
$560
|
$450
|
$650
|
Tax Code
|
N-T
|
N-T
|
N-T
|
N-T
|
When
|
||||
Bought/Sold
|
||||
Selling Unit
of
|
Unit
|
Unit
|
Unit
|
Unit
|
Measure
|
||||
I Buy This Item
|
5-4000 Cost of
|
5-4000 Cost of
|
5-4000 Cost of
|
5-4000 Cost of
|
Goods Sold
|
Goods Sold
|
Goods Sold
|
Goods Sold
|
|
I Sell This Item
|
4-1100 Sales
|
4-1100 Sales
|
4-1100 Sales
|
4-1100 Sales
|
I Inventory
|
1-2300
|
1-2300
|
1-2300
|
1-2300
|
This Item
|
Merchandise
|
Merchandise
|
Merchandise
|
Merchandise
|
|
Inventory
|
Inventory
|
Inventory
|
Inventory
|
b. Membuat kartu pelanggan dan
pemasok
- Card file/ card list adalah kumpulan kartu yang berfungsi sebagai subledger (buku besar pembantu) untuk akun piutang usaha da utang usaha. Card file terdiri dari card file untuk
customer, supplier, employee, atau
personal.
- Cara membuat kartu pelanggan, pemasok, dan karyawan yaitu di command centre klik
card file, klik
card
list, klik new
Customer
|
Supplier
|
Employee
|
Mandiri, PT
|
Green Furniture
|
Rooney
|
Nagoya
|
Olimpicus
|
Arteta
|
Atalanta
|
Purba Meuble
|
|
Pastikan pada bagian selling details dan buying details, tax code: GST dan sale/purchase layout menjadi item.
c. Menginput saldo awal piutang
- Klik
menu
setup – balance – customer
balances
- Klik
add sale
untuk
memasukkan
nilai
saldo piutang pastikan
tanggal adalah
31
Desember 2012,
klik record
Company name
|
Mandiri, PT
|
Nagoya
|
Atalanta
|
Total
|
$2.200 Inc GST
|
$2.200 Inc.
GST
|
$1.100 Inc.
GST
|
Invoice #
|
S-120001
|
S-120002
|
S-120003
|
Cust PO #
|
MD-120001
|
NG-120001
|
AT-120001
|
Category
|
BT
|
MD
|
MD
|
- Pastikan muncul pemberitahuan “congratulation” berarti saldo di subledger sama dengan
saldo pada neraca saldo
d. Menginput saldo
awal
utang
- Klik
menu
setup – balance – supplier balances
- Klik
add purchase untuk memasukkan nilai saldo utang pastikan
tanggal
adalah 31
Desember 2012, klik record
Company name
|
Green Furniture
|
Olimpicus
|
Purba Meuble
|
Total
|
$1.100 Inc GST
|
$2.200 Inc.
GST
|
$1.100 Inc.
GST
|
PO #
|
P-120001
|
P-120002
|
P-120003
|
Supp. Inv #
|
GF-120001
|
OL-120001
|
PM-120001
|
Category
|
MD
|
BT
|
MD
|
- Pastikan muncul pemberitahuan “congratulation” berarti saldo di subledger sama dengan
saldo pada neraca saldo
e. Menginput jumlah barang dan harga satuan
- Klik
inventory –
count inventory
- Isilah jumlah
persediaan pada kolom counted kemudian
klik adjust inventory
- Pilih default adjustment account
dengan
1-2300 Merchandise Inventory
- Klik opening balances, isilah inventory journal number: I-130001, tanggal 1 January
2013, category: BT. Kemudian isilah unit cost masing-masing inventory, klik record
Item
|
Quantity
|
Unit Cost
|
Bravado
(BV)
|
12 unit
|
$490
|
Everest (EC)
|
24 unit
|
$392
|
Monticristo
(MC)
|
65 unit
|
$315
|
Northfield (NF)
|
10 unit
|
$455
|
Bagian III: memasukkan transaksi harian
Fasilitas untuk memasukkan transaksi harian antara lain sales,
purchase,
banking. Banking digunakan untuk
mencatat transaksi penerimaan
dan pengeluaran kas. Sales digunakan untuk mencatat
transaksi
penjualan.
Purchase digunakan
untuk mencatat transaksi pembelian. Berikut adalah
transaksi yang terjadi selama tahun
2013:
Tanggal
|
Keterangan
|
02 Jan
|
Membeli barang dagangan ke Green Furniture, syarat net 60, PO#: P-130001,
Supplier Inv#: GF-130001,
category MD.
- Menerima 4 unit Northfield (NF) dengan harga $455/unit (Job: DF) exclude
10% GST.
- Menerima 3 unit Everest (EC) dengan harga $392/unit (Job: LF) exclude 10%
GST
|
03 Feb
|
- Membeli jasa ke Olimpicus
yakni In Store Promotion (Acc.#:
6-3110) dengan
harga $99 termasuk GST 10% dengan syarat COD. PO#: P-130002, Supplier
Inv#: OL-130001.
Job: SV, category: BT
- Membayar ke Olimpicus dari
Cheque Account (Cheque
No.:
D-130001)
sebesar
$99 untuk transaksi tanggal 3 Feb.
|
18 Feb
|
- Mengembalikan I unit Everest (EC) seharga $392 tidak termasuk GST 10% ke
Green Furniture. PO#: P-130003, Supplier Inv.: GF-130001, tulis di jurnal memo: Purchase Return;
Green Furniture.
Category: MD
- Segera dibuatkan debit note
ke saldo trade creditor. ID#: P-130003
untuk bill transaksi
tanggal 2 Januari
2013
|
2 Maret
|
- Membayar
ke
Green Furniture atas
transaksi tanggal
2 Januari 2013
|
15 April
|
- Menjual ke Mandiri, PT dengan syarat net 10 days after EOM. Inv#: S-130001,
Cust. PO#: MD-130001. Barang dan invoice sudah diterima
oleh Mandiri, PT, category: BT
dan salesperson: Rooney
a. Sebanyak 7 unit Monticristo (MC)
dengan harga $450/unit, exclude GST
|
|
10%, job:
DF
b.
Sebanyak 5 unit
Everest (EC) dengan harga $560/unit exclude
GST 10%, job: LF
|
10 Mei
|
- Menerima uang dari Mandiri, PT atas penagihan transaksi
tanggal 15 April
2013 [ID#: R-130001]
|
7 Juli
|
- Menjual secara tunai
ke Nagoya, Inv#: S-130002, Cust.
PO#: NG-130001,
category: MD, salesperson: Arteta
a. Sebanyak 5
unit Bravado (BV)
dengan harga $770/unit termasuk
GST
10%, job: DF
b. Sebanyak 9 unit Nortfield (NF) dengan harga $706/unit termasuk GST
10%, job: LF
- Diterima uang dari Nagoya sebanyak $10,204
untuk invoice tanggal 7 Juli
2013 dan
disetorkan ke Cheque
Account [ID#: R-130002]
|
19 Juli
|
- Menerbitkan rebate credite notes ke Nagoya sebesar $ 204,08 [Inv#: S-130003,
Cust. PO#:
NG-130002]
sebagai
potongan
penjualan,
edit journal memo dengan “Sale Discount: Nagoya’.
Salesperson: Arteta,
category: MD
- Membayar ke Nagoya sebagai refund dengan Cheque No.:
D-130002 sebesar
$204,08
|
1 Agust
|
- Membayar gaji bulan Agustus ke Rooney dari Cheque Account No.: D-130003
sebesar
$125, category: BT
- Menerima uang sebesar $22.5 dari Bank atas pendapatan bunga termasuk bank
charge sebesar
$2.25 [ID#: R-130003, category: BT]
|
- Membuat Bank Reconciliation pada tanggal 31 Desember 2013 atas Cheque Account dengan cara
klik banking – reconcile
accounts,
isi
account dengan cheque account
dengan bank statement date 31 Desember 2013, klik pada mark
all
cleared transaction.
Perhatikan out of balance menjadi $0, klik
reconcile.
- Membuat jurnal penyesuaian untuk mencatat penyusutan atas Office Equipment sebesar
$75 [GJ#: G-130001, category: BT] dan membuat jurnal untuk mencatat GST Clearing
bulan Desember 2012 [GJ#: G-120002,
category: BT].
Bagian IV: menyiapkan laporan keuangan
Laporan keuangan dan pendukung
dihasilkan pada menu
reports
Daftar Rujukan:
Net21 Plus Pte Ltd. 2010. Computerized
Accounting with MYOB – Basic (Book I). 2nd edition
Weli. 2013.
Modul Siklus Akuntansi Dengan
MYOB
Accounting Versi 19.
http://siswoyoyulie.blogspot.com/2013/01/tutorial-myob-19.html?m=1
http://iinsoetarto.blogspot.com/2014/09/makalah-myob-modul-account.html?m=1
http://iinsoetarto.blogspot.com/2014/09/makalah-myob-modul-account.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar