Follow Us @soratemplates

Jumat, 03 Januari 2020

SEKILAS TENTANG MYOB V.19


Definisi MYOB Accounting
MYOB singkatan dari Mind Your Own Business. Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi terpadu yang memadukan beberapa modul dengan fasilitas lengkap, fleksibel & mudah digunakan sehingga menghasilkan laporan keuangan dengan cepat & akurat. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Selain memudahkan dalam membuat laporan keuangan Myob juga menjamin proteksi file data sehingga tidak mudah diubah orang lain.

Keunggulan MYOB Accounting dibandingkan dengan software sejenis, diantaranya :
Mudah digunakan (user friendly), Mudah dimengerti oleh orang awam yang  tidak mempunyaipengetahuan yang mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.
Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat, Terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo, neraca, laporan rugi laba, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang,  jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer.
Laporan keuangan komparasi, Menyajikan laporan keuangan komparasi baik  neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau  tahun sebelumnya.

Cara Menginstall Software MYOB Accounting
1. Masukkan CD master MYOB ke dalam CD ROM pada PC anda
2. Pilih MYOB Accounting dan klik Install
3. Pilih International
4. Klik Next, pilih Indonesia
5. Klik Accept
6. Pilih Typical, lalu klik Next
7. Jika sudah selesai, klik Finish dan muncul MYOB help online.
  
 Langkah-langkah Mengoperasikan MYOB
Untuk mengoperasikan MYOB adabebrapa cara diantaranya yaitu
  1. Double klik pada icon MYOB AccountRight v 19 yang ada pada dekstop.
  2. Klik Start lalu all program dan klik MYOB AccountRight v 19.
Setelah dibuka akan muncul kotak dialog dengan beberapa menu yakni Open, create, explore,what's news, dan exit.
Keterangan :
  • Open digunakan untuk membuka atau mengaktifkan salah satu data/file akuntansi yang telah ada.
  • Create digunakan untuk membuat file data akuntansi yang baru.
  • Explore digunakan untuk membuka contoh data akuntansi sehingga anda dapat belajar dengan panduan yang lengkap termasuk pencatatan transaksi dan laporan keuangan.
  • What’s New digunakan untuk mendapatkan penjelasan atau berbagai informasi dan tambahan fasilitas-fasilitas dibandingakan dengan versi sebelumnya.
  • Exit digunakan untuk keluar dari program MYOB AccountRight v 19.
Macam-macam Tipe Akun pada MYOB
    1. Kelompok Akun
Pencatatan nomor akun dalam MYOB dikelompokkan berdasarkan pada golongan akun berikut:
        • Asset (Harta/Aktiva) diawali dengan nomor akun 1
Misalnya : Kas, piutang usaha, persediaan, perlengkapan, peralatan, tanah dan lain-lain
        • Liability (Kewajiban/Hutang) diawali dengan nomor akun 2
Misalnya : Hutangusaha, hutang gaji
        • Equity (Modal/Ekuitas) diawali dengan nomor akun 3
Misalnya : Modal usaha, laba ditahan, prive, dan lain-lain
        • Income (Pendapatan/Penjualan) diawali dengan nomor akun 4
Misalnya : Penjualan, potongan penjualan, retur penjualan, biaya angkut penjualan, pendapatan jasa
        • Cost of sales (HPP) diawali dengan nomor akun 5
Misalnya : Pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, biaya angkut pembelian.
(Untuk perusahaan jasa account Cost of Sales tidak digunakan)
        • Expense (Biaya/Beban) diawali dengan nomor akun 6
Misalnya : Biaya gaji karyawan, biaya listrik dan telepon, biaya akumulasi penyusutan, biaya sewa, dan lain-lain
        • Other Income (Pendapatan lain) diawali dengan nomor akun 8
Misalnya : Pendapatan bunga
        • Other Expense (Biaya Lain) diawali dengan nomor akun 9
Misalnya : Biaya bunga
    1. Tipe Akun
Dalam program MYOB AccountRight v 19 dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu:
      • Header
Header adalah tipe akun yang masih memiliki subrekening lagi, dimana rekening ini menampung saldo dari subrekening dan rekening ini tidak dapat menampung transaksi (jurnal).
      • Detail
Detai adalah tipe akun yang tidak dapat dibagi lagi menjadi subrekening, saldo rekening ini akan masuk ke rekening header dan rekening ini dapat menampung transaksi (jurnal).
Langkah-langkah Membuat Linked Account
Linked account merupakan hubungan otomatis antara satu akun dengan akun yang lain. MYOB membuat linked account menjadi 4 (empat) kelompok yang memiliki fungsinya masing-masing. Cara untuk mengedit linked account dapat dilakukan dari menu Setup, pilih Linked Account nanti pada menu tersebut terdiri dari 4 sub menu yaitu account and banking account, sales account, purchases account, dan payroll account.
  1. Account and Banking Account yaitu:
  1. Equity account for historical balancing : diisi sesuai dengan nomor penyeimbang yang berada di kelompok equity.
  2. Bank Account for electronic payment : diisi untuk akun pembayaran elektronik.
  3. Bank Account for undeposited funds : diisi untuk akan penerimaan sementara.
  1. Sales Account yaitu:
    • Asset account for tracking receivables : diisi sesuai dengan akun piutang usaha (kelompok asset).
    • Bank account for customer receipts : diisi sesuai dengan akun bank penerima uang/dana dari customer.
    • I charge freight on sales : diisi sesuai dengan akun pendapatan angkut barang (kelompok income), jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I track deposits collected from customers : diisi sesuai dengan akun penerimaan uang muka dari pelanggan (kelompok liability), jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I give discount for early payment : diisi sesuai dengan akun potongan penjualan (kelompok income), jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I assess charges for late payment : diisi sesuai dengan akun pendapatan denda, jika tidak ada kosongkan cek mark.
  1. Purchases Account yaitu:
    • Liability account for tracking payables : diisi sesuai dengan akun hutang dagang, jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • Bank account for paying bills : diisi sesuai dengan akun bank yang digunakan untuk membayar pelunasan hutang kepada suppliers, jika tidak ada kosongkan cek mark. 
    • I pay freight on purchases : diisi sesuai dengan akun biaya angkut pembelian, jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I track deposits paid to suppliers : diisi sesuai dengan akun untuk pengeluaran uang muka ke pemasok/suppliers, jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I take discount for early payment : diisi sesuai dengan akun potongan pembelian, jika tidak ada kosongkan cek mark.
    • I pay charges for late payment : diisi sesuai dengan biaya denda terlambat bayar utang, jika tidak ada kosongkan cek mark.
  1. Payroll Account yaitu:
    • Bank account for cash payment : diisi sesuai dengan akun Bank untuk pembayaran secara tunai.
    • Bank account for cheque payment : diisi sesuai dengan akun Bank untuk pembayaran melalui check.
    • Bank Account for electronic payment : diisi sesuai dengan akun untuk pembayaran elektronik.
    • Default employer expense account : diisi sesuai dengan akun gaji pimpinan yang tidak termasuk didalam pembayar cek kepada pegawai (kelompok expense).
    • Default wages expense account : diisi sesuai dengan akun gaji dan upah (kelompok expense).
    • Default tax/deductions payable account : diisi sesuai dengan akun pengurangan utang gaji (kelompok liability).
  1. Mengentri Transaksi Ke Program MYOB
    1. Pembelian secara Kredit
      • Klik Menu Purchases lalu pilih Enter purchases
      • Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
      • Pilih supplier dengan mengklik tanda panah pada supplier lalu klik use supplier
      • Isi termin sesuai dengan transaksi lalu klik OK
      • Isi tanggal transaksi
      • Isi pembelian sesuai dengan bukti transaksi
      • Klik Record
      • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Pembelian secara Tunai
      • Klik Menu Purchases lalu pilih Enter purchases
      • Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
      • Pilih supplier dengan mengklik tanda panah pada supplier lalu klik use supplier
      • Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
      • Isi tanggal transaksi
      • Isi pembelian sesuai dengan bukti transaksi
      • Isi kolom paid today sejumlah total amount
      • Klik record
      • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Penjualan secara Kredit
      • Klik menu Sales lalu pilih Enter sales
      • Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
      • Pilih customer dengan mengeklik tanda panah pada customer lalu klik use customer
      • Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
      • Isi tanggal transaksi
      • Klik Tab untuk berpindah ke kolom. Untuk mengisi item number ambil dari list yang tersedia kemudian klik use item
      • Isi penjualan sesuai dengan bukti transaksi
      • Klik record
      • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Penjualan secara Tunai
      • Klik menu Sales lalu pilih Enter Sales
      • Ubah layout lalu pilih Item-klik OK
      • Pilih customer dengan mengeklik tanda panah pada customer lalu klik use customer
      • Untuk mengisi termin klik tanda panah pada termin lalu isi sesuai termin pada transaksi lalu klik OK
      • Isi tanggal transaksi
      • Klik Tab untuk berpindah ke kolom. Untuk mengisi item number ambil dari list yang tersedia kemudian klik use item
      • Isi penjualan sesuai dengan bukti transaksi
      • Isi kolom paid today sejumlah total amount
      • Klik record
      • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Receive Payment
Digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas dari pelunasan piutang.
  • Klik menu Sales pilih Receive payment
  • Klik customer untuk memilih nama pelanggan lalu klik use customer.
  • Isi tanggal transaksi
  • Isi data penerimaan kas sesuai bukti transaksi, dan juga dilihat apakah mendapatkan potongan atau tidak
  • Isi amount received sejumlah yang diterima, gunakan tab untuk berpindah ke kolom, hingga terisi kolom amount applied
  • Klik record
  • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Receive Money
Digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kas melalui Banking, selain dari pelunasan piutang.
  • Klik Banking pilih receive money
  • Pastikan pay from account terisi dengan akun yang diinginkan
  • Isi tanggal transaksi
  • Isi amount sejumlah yang diterima
  • Isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi
  • Klik recordKlik Journal untuk melihat jurnal
    1. Pay Bills
Digunakan untuk mencatat transaksi pelunasan hutang dagang
  • Klik Purchases pilih Pay bills
  • Klik supplier untuk memilih nama supplier lalu klik use supplier
  • Isi tanggal transaksi
  • Gunakan Tab untuk berpindah kolom hingga amount applied terisi dan terisi amount sejumlah yang akan dibayar sesuai dengan faktur
  • Klik record
  • Klik Journal untuk melihat jurnal
    1. Banking-Spendy Money
Digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran kas selain pembayaran hutang
  • Klik Banking pilih Spendy money
  • Pastikan pay from account terisi dengan akun yang diinginkan
  • Isi tanggal transaksi
  • Isi amount sejumlah yang dibayar
  • Isi jurnal pengeluaran sesuai dengan bukti transaksi
  • Klik record
  • Klik Journal untuk melihat jurnal
    Retur Pembelian
    • Klik Purchases pilih Purchases Register
    • Pilih Returns & Debits lalu klik New PurchaseKlik tanda panah pada Supplier untuk memilih pemasok lalu klik use supplier
    • Isi tanggal transaksi
    • Isi jurnal sesuai bukti transaksi dan untuk kolok ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumlah barang yang akan diretur.
    • Isi item number dari list yang tersedia kemudian klik use item, klik Tab untuk berpindah ke kolom. Dan hingga amount applied terisi
    • Klik record
    • Klik Journal untuk melihat jurnal
  Retur Penjualan
  • Klik Sales pilih Sales Register
  • Pilih Returns & Credits lalu klik New Sale
  • Klik tanda panah pada Customer untuk memilih pelanggan lalu klik use customer
  • Isi tanggal transaksi
  • Isi jurnal sesuai bukti transaksi dan untuk kolok ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumlah barang yang akan diretur.
  • Isi item number dari list yang tersedia kemudian klik use item, klik Tab untuk berpindah ke kolom. Dan hingga amount applied terisi
  • Klik record
  • Klik Journal untuk melihat jurnal
    Transaksi Memorial (penyesuaian)
    • Klik Accounts lalu pilih Record journal entry
    • Isi tanggal transaksi lalu isi memo
    • Isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi
    • Klik Reocord
    • Klik Journal untuk melihat jurnal

SIKLUS AKUNTANSI DENGAN MYOB ACCOUNTING VERSI 19


Mind Your Own Business (MYOB) merupakan salah satu aplikasi komputer akuntansi yang digunakan dalam mengolah data akuntansi. Untuk memulai MYOB, lakukan doubleclick pada icon MYOB Accounting V19. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu satuan mata uang dan format tanggal. Untuk materi pelatihan hari ini kita akan menyesaikan siklus akuntansi dari perusahaan Glory Furniture.

Mrs. Keynia adalah pemilik perusahaan Glory Furniture”, sebagai furniture dealer, Mrs. Keynia membeli  dan  menjual  furniture  ke  pelanggan.  Satuan  mata  uang  yang  digunakan  dalam pelaporan keuangannya menggunakan satuan mata uang US $ dan menyiapkan laporan keuangan untuk periode 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2013.



Bagian I: menyiapkan data baru





a.   Cara membuat data baru:
-    Klik create a new company file lalu klik next
-    Isilah di company information:


Company name: Glory Furniture
Address: Jl. Gadjah Mada Blok A-III No. 20 Kav 3-4 Batam
Telp: 0778-456463
Fax: 0778-456465
Email:  info@glory.com



-     Klik next, mengisi accounting information: Current financial year (tahun buku): 2013
Last month of financial year (bulan tutup buku): December
Conversion month (awal bulan buku): January
Number of accounting period (jumlah bulan dalam setahun ditambah penyesuaian): 13
Kemudian klik next
-     Cek kembali accounting information apabila sudah sesuai klik next, masuk ke menu account list pilih opsi yang I would like to start with one of the list provided by MYOB Accounting kemudian klik next
-    Pilihlah di menu account list:


Industry classification: retail
Type of business: furniture dealer, kemudian klik next




-    Ubahlah folder tempat penyimpanan data dengan cara klik “change setelah itu klik next
-    Pilih menu Command Centre





-    Dari menu bar, pilih setup – preferences:
System preferences: tick opsi Warn if Job Are Not Assigned to All Transaction [system
wide]
Windows preferences: untick opsi Automatically Check Spelling in Text Field Before
Recording Transaction”
Sales preferences: tick opsi “Warn for Duplicate Invoices Numbers on Recorded Sales” Purchases  preferences:  tick  opsi  Warn  for  Purchase  Orders  Numbers  on  Recorded Purchases”
Security preferences: klik user IDs dan masukkan nama anda


b.   Membuat, mengedit, dan men-delete daftar akun/rekening
-    Klik menu account, klik account list
-     Untuk menghapus akun, double click pada akun yang akan dihapus lalu klik kanan dan pilih delete
-    Untuk mengedit akun, double click pada akun yang akan diedit lalu edit/ubah akun
-    Untuk menambah akun, klik new lalu tambahkan akun yang akan dibuat
-    Akun yang dhapus antara lain:
1-2120 Payroll Cheque Account
1-2130 Cash Drawer
1-2210 Less Provn for Doubtful Debt


-    Akun yang diubah antara lain:
1-2140 Petty Cash menjadi 1-2120
1-2160 Undeposited Funds menjadi 1-2130 Undeposited Cheque
4-1100 Installment Sales menjadi 4-1100 Sales


-    Akun yang ditambah adalah

Account #
2-2340
5-4000
Account
GST Clearing
Cost of Goods Sold
Type
Other Liability
Cost of Sales
Header/Detail
Detail
Detail
Level
4
2

c.   Membuat link untuk pajak
-     Sebelum melakukan editing link pajak, terlebih dahulu lakukan penghapusan seluruh jenis pajak yang disediakan system. Caranya dengan klik menu list tax code, pilih setiap code, klik edit pada menu tax code information, klik kanan lalu pilih delete tax code.
-    Tambahkan tax code GST (Goods & Services Tax), tax type Goods & Services Tax, rate
10%
-     Ada kode pajak yang tidak dapat dihapus karena digunakan pada linked account. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dengan cara klik setup linked account sales link account dan purchase link account. Caranya klik terms pada menu sales linked accounts, ubah  tax  code  dengan  N-T,  klik  ok.  Lakukan  hal  yang  sama  pada  purchase  linked account.

d.   Membuat job lists dan category
-    Cara membuat job lists yakni klik menu bar lists, klik jobs, klik new
-    Isilah:
Job number: DF
Job name: Dining Room Furniture


Job number: LF
Job name: Livingroom Furniture


Job number: SV Job name: Services

-    Cara membuat category yakni klik menu bar lists, klik categories, klik new
-    Isilah:
Category ID: BT Category name: Batam

Category ID: MD Category name: Medan

e.   Membuat neraca saldo
-    Klik setup – balances account opening balances
-     Isilah  pada  kolom  opening  balances  sesuai  dengan  nomor,  nama,  dan  posisi  saldo masing-masing, perhatikan posisi saldo debit dan kredit
Glory Furniture
Trial Balance
As of January 2013 (in $)


Description
Debit
Credit
Cheque Account
85,000

Petty Cash
950

Trade Debtor
5,500

Merchandise Inventory
40,313

Office Equipment at Cost
2,400

Office Equip Accum Dep

150
Trade Creditors

4,400
GST Collected

500
GST Paid
400

Owner/Shareholder Equity

100,000
Retained Earnings

29,513

-    Pastikan setelah selesai menginput saldo awal, nilai amount left to be allocated menjadi
0.

Bagian II: menyiapkan kartu persediaan, pelanggan, pemasok

a.   Membuat kartu/data persediaan barang dagangan (item lists)
-    Klik command centers inventory item list
-    Klik new untuk mencatat persediaan barang dagangan yang baru

Item No.
BV
EC
MC
NF
Description
Bravado
Everest
Monticristo
Northfield
Selling Price
$700
$560
$450
$650
Tax           Code
N-T
N-T
N-T
N-T
When
Bought/Sold
Selling Unit  of
Unit
Unit
Unit
Unit
Measure
I Buy This Item
5-4000 Cost of
5-4000 Cost of
5-4000 Cost of
5-4000 Cost of
Goods Sold
Goods Sold
Goods Sold
Goods Sold
I Sell This Item
4-1100 Sales
4-1100 Sales
4-1100 Sales
4-1100 Sales
I        Inventory
1-2300
1-2300
1-2300
1-2300
This Item
Merchandise
Merchandise
Merchandise
Merchandise

Inventory
Inventory
Inventory
Inventory

b.   Membuat kartu pelanggan dan pemasok
-     Card file/ card list adalah kumpulan kartu yang berfungsi sebagai subledger (buku besar pembantu) untuk akun piutang usaha da utang usaha. Card file terdiri dari card file untuk customer, supplier, employee, atau personal.
-     Cara membuat kartu pelanggan, pemasok, dan karyawan yaitu di command centre klik card file, klik card list, klik new
Customer
Supplier
Employee
Mandiri, PT
Green Furniture
Rooney
Nagoya
Olimpicus
Arteta
Atalanta
Purba Meuble


Pastikan pada bagian selling details dan buying details, tax code: GST dan sale/purchase layout menjadi item.

c. Menginput saldo awal piutang
-    Klik menu setup balance customer balances
-    Klik  add  sale  untuk  memasukkan  nilai  saldo  piutang  pastikan  tanggal  adalah  31
Desember 2012, klik record

Company name
Mandiri, PT
Nagoya
Atalanta
Total
$2.200 Inc GST
$2.200 Inc. GST
$1.100 Inc. GST
Invoice #
S-120001
S-120002
S-120003
Cust PO #
MD-120001
NG-120001
AT-120001
Category
BT
MD
MD

-    Pastikan muncul pemberitahuan “congratulation” berarti saldo di subledger sama dengan
saldo pada neraca saldo


d. Menginput saldo awal utang
-    Klik menu setup balance – supplier balances
-    Klik  add  purchase  untuk  memasukkan  nilai  saldo  utang  pastikan  tanggal  adalah  31
Desember 2012, klik record



Company name
Green Furniture
Olimpicus
Purba Meuble
Total
$1.100 Inc GST
$2.200 Inc. GST
$1.100 Inc. GST
PO #
P-120001
P-120002
P-120003
Supp. Inv #
GF-120001
OL-120001
PM-120001
Category
MD
BT
MD

-    Pastikan muncul pemberitahuan “congratulation” berarti saldo di subledger sama dengan
saldo pada neraca saldo


e. Menginput jumlah barang dan harga satuan
-    Klik inventory count inventory
-    Isilah jumlah persediaan pada kolom counted kemudian klik adjust inventory
-    Pilih default adjustment account dengan 1-2300 Merchandise Inventory
-    Klik opening balances, isilah inventory journal number: I-130001, tanggal 1 January
2013, category: BT. Kemudian isilah unit cost masing-masing inventory, klik record

Item
Quantity
Unit Cost
Bravado (BV)
12 unit
$490
Everest (EC)
24 unit
$392
Monticristo (MC)
65 unit
$315
Northfield (NF)
10 unit
$455

Bagian III: memasukkan transaksi harian


Fasilitas untuk memasukkan transaksi harian antara lain sales, purchase, banking. Banking digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Sales digunakan untuk mencatat transaksi penjualan.
Purchase digunakan untuk mencatat transaksi pembelian. Berikut adalah transaksi yang terjadi selama tahun 2013:
Tanggal
Keterangan
02 Jan
Membeli barang dagangan ke Green Furniture, syarat net 60, PO#: P-130001,
Supplier Inv#: GF-130001, category MD.
-  Menerima 4 unit Northfield (NF) dengan harga $455/unit (Job: DF) exclude
10% GST.
-  Menerima 3 unit Everest (EC) dengan harga $392/unit (Job: LF) exclude 10% GST
03 Feb
-   Membeli jasa ke Olimpicus yakni In Store Promotion (Acc.#: 6-3110) dengan
harga $99 termasuk GST 10% dengan syarat COD. PO#: P-130002, Supplier
Inv#: OL-130001. Job: SV, category: BT

-   Membayar  ke  Olimpicus  dari  Cheque  Account  (Cheque  No.:  D-130001)
sebesar $99 untuk transaksi tanggal 3 Feb.
18 Feb
-   Mengembalikan I unit Everest (EC) seharga $392 tidak termasuk GST 10% ke
Green Furniture. PO#: P-130003, Supplier Inv.: GF-130001, tulis di jurnal memo: Purchase Return; Green Furniture. Category: MD
-   Segera dibuatkan debit note ke saldo trade creditor. ID#: P-130003 untuk bill transaksi tanggal 2 Januari 2013
2 Maret
-   Membayar ke Green Furniture atas transaksi tanggal 2 Januari 2013
15 April
-   Menjual ke Mandiri, PT dengan syarat net 10 days after EOM. Inv#: S-130001,
Cust. PO#: MD-130001. Barang dan invoice sudah diterima oleh Mandiri, PT, category: BT dan salesperson: Rooney
a.   Sebanyak 7 unit Monticristo (MC) dengan harga $450/unit, exclude GST



10%, job: DF
b.   Sebanyak 5 unit Everest (EC) dengan harga $560/unit exclude GST 10%, job: LF
10 Mei
-   Menerima uang dari Mandiri, PT atas penagihan transaksi tanggal 15 April
2013 [ID#: R-130001]
7 Juli
-   Menjual secara tunai ke Nagoya, Inv#: S-130002, Cust. PO#: NG-130001,
category: MD, salesperson: Arteta
a.   Sebanyak 5  unit Bravado (BV) dengan harga $770/unit termasuk GST
10%, job: DF
b.   Sebanyak 9 unit Nortfield (NF) dengan harga $706/unit termasuk GST
10%, job: LF
-  Diterima uang dari Nagoya sebanyak $10,204 untuk invoice tanggal 7 Juli
2013 dan disetorkan ke Cheque Account [ID#: R-130002]
19 Juli
-   Menerbitkan rebate credite notes ke Nagoya sebesar $ 204,08 [Inv#: S-130003,
Cust.  PO#:  NG-130002]  sebagai  potongan  penjualan,  edit  journal  memo dengan Sale Discount: Nagoya’. Salesperson: Arteta, category: MD
-   Membayar ke Nagoya sebagai refund dengan Cheque No.: D-130002 sebesar
$204,08
1 Agust
-   Membayar gaji bulan Agustus ke Rooney dari Cheque Account No.: D-130003
sebesar $125, category: BT
-   Menerima uang sebesar $22.5 dari Bank atas pendapatan bunga termasuk bank charge sebesar $2.25 [ID#: R-130003, category: BT]

-     Membuat Bank Reconciliation pada tanggal 31 Desember 2013 atas Cheque Account dengan  cara  klik  banking   reconcile  accounts,  isi  account  dengan  cheque  account dengan bank statement date 31 Desember 2013, klik pada mark all cleared transaction. Perhatikan out of balance menjadi $0, klik reconcile.
-    Membuat jurnal penyesuaian untuk mencatat penyusutan atas Office Equipment sebesar
$75 [GJ#: G-130001, category: BT] dan membuat jurnal untuk mencatat GST Clearing bulan Desember 2012 [GJ#: G-120002, category: BT].

Bagian IV: menyiapkan laporan keuangan

Laporan keuangan dan pendukung dihasilkan pada menu reports



Daftar Rujukan:

Net21 Plus Pte Ltd. 2010. Computerized Accounting with MYOB Basic (Book I). 2nd edition

Weli. 2013. Modul Siklus Akuntansi Dengan MYOB Accounting Versi 19.
http://siswoyoyulie.blogspot.com/2013/01/tutorial-myob-19.html?m=1
http://iinsoetarto.blogspot.com/2014/09/makalah-myob-modul-account.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar